Monday

warna HIJAU dlm al-qur'an? :D

Ada banyak kata "hijau" di dalam ayat-ayatAl-Qur'an dan menjelaskan akan keadaan penghunijannah ataupun segala yang ada disekelilingnya,berupa kenikmatan, suasana, kesenangan, ketenanganjiwa.

Kita mendapati di dalam surat Al-Rahman:

"Mereka bertelekan (bertelekan: tiduranmenyamping, tubuh lurus, dengan salah satutangannya dilipat dan telapak tangannya menyanggakepala -pent) di atas bantal-bantal yang hijau danpermadani yang indah"

(QS. Al-Rahman: 76)

"Mereka mengenakan pakaian sutra halus yang hijau,dan sutra tebal, serta dipakaikan gelang dariperak kepada mereka. Dan Rabb mereka memberi minummereka dengan minuman yang suci"

(Q.S. Al-Insan: 21)

"Mereka mengenakan pakaian sutra halus yang hijaudan sutra tebal"

(Q.S. Al-Kahf: 31)

Salah seorang pakar psikologi, Ardatsham, mengatakan"Sesungguhnya pengaruh warna terhadap manusiasangat besar, dan saya pernah melakukan sejumlahpenelitian dan menjelaskan bahwa warna berpengaruhterhadap kejiwaan dan semangat serta vitalitaskita; merasa panas; atau dingin; atau nyaman; ataubahagia; bahkanbisa berpengaruh terhadapkepribadian seseorang dan berpengaruh terhadapmenyikapi kehidupan.Dan warna boleh menjadi sebab relung jiwa yangdalam terpengaruh dengannya.

Sebuah rumah sakit pernah mengundang sejumlah pakar untuk memberikan saranan bagi warna dinding ruang pesakit atau warna dinding rumah sakit, sehingga banyak membantu dalam mengubati mereka. Rumah sakit juga meminta saranan tentang warna yang terbaik untuk pakaian pesakit. Sejumlah percubaan telah membuktikan bahwa warna kuning bisa membangkitkan semangat di saraf pusat.

Adapun warna ungu bisa membangkitkanketenangan.Adapun warna biru, maka orang yang melihatnya akan merasa dingin. Sebaliknya, warna merah maka orang akan merasa panas atau gersang. Dan para pakar tersebut mengatakan bahwa warna yang bisa membangkitkan kebahagiaan, gembira, bersemangat hidup (berghairah) adalah warna hijau.

Oleh karena itu, warna yang utama dan sesuai untuk kamar atau ruang operasi, pakaian para ahli bedah dan pakaian pesakit adalah warna hijau. Sebuah pengalaman unik kami kemukakan di sini bahwa ada sebuah pengalaman yang terjadi di London,Inggris, di kawasan Black Fryer yang dikenali dengan "kawasan bunuh diri" karena kejadian bunuh diri banyak terjadi di kawasan ini.Kemudian diadakan perubahan warna dari warna gelap gurun ke warna hijau metalik. Denganhal ini ternyata terjadi penurunan jumlah kejadian bunuh diri dengan sangat signifikan. Warna hijau juga menjadikan pandangan mata nyaman.

Sumber:Kitab: Ma'a Al-Thib fii Al-Qur'an Al-Karim

dari. Abdul Hamid Diyab, dari. Ahmad Qarquz,Mu'assasah Ulum Al-Qur'an, Dimasyq

1 comments:

Anonymous said...

subhanallah warna hijau sungguh indah kan... ~ :)
jom2 semua2 orang pakat suka hijau!!.. =D
hijau yang nyaman.. indah .. menenangkan... =) betul x akh... ?? he he
Rasulullah pun suka warna hijau.. =>